Tantangan Terbesarku: Keragu-raguan vs Keyakinan Diri

@adi_acong

Seperti yang tertulis pada status twitterku di atas, tantangan terbesarku adalah keragu-raguan. Beberapa rekan spiritualku sudah berulangkali mengingatkanku akan kecenderunganku untuk seringkali merasa ragu-ragu, baik untuk mengambil keputusan maupun menjalankan keputusan yang sudah aku buat. Dalam beberapa artikel yang aku baca, keragu-raguan merupakan salah satu sumber penghambat dalam mencapai perkembangan spiritualitas. Karena itulah, saat ini aku sedang berjuang untuk mengatasi tantanganku tersebut, keragu-raguan.

Sebelum postingan ini, aku menuliskan tentang hasrat yang saat ini sedang berusaha aku realisasikan. Belum lama aku memutuskan untuk mau merealisasikan hasrat tersebut, keragu-raguan muncul. Jika aku pikirkan, keragu-raguan tersebut sangat wajar muncul karena aku sedang berhadapan dengan ketidakpastian. Hasratku tersebut penuh dengan ketidakpastian karena kenyataannya hal tersebut sangat jauh dari realisasi. Ada banyak hal yang sangat tidak memungkinkanku untuk merealisasikan hasrat tersebut. Salah satunya adalah.. saat ini kenyataan berbicara lain, bahkan bertolak belakang.

Hmm.. tidak banyak yang aku tuliskan pada postingan kali ini. Satu-satunya hal yang harus aku pertahankan adalah keyakinan. Bukan hanya aku, kita semua, setiap manusia harus bertahan dengan keyakinan yang sudah tumbuh dalam diri masing-masing. Karena keyakinan itulah yang akan menentukan realisasi dari semua hasrat, harapan, dan mimpi yang kita punya. Dalam ajaran Kristen ada pernyataan yang kurang lebih berbunyi, “milikilah iman sebesar biji sesawi, maka kamu akan mampu memindahkan gunung sebesar apapun”. Memang sebesar itulah kekuatan dari sebuah keyakinan yang tak pernah padam, sekecil apapun keyakinan tersebut.

Aku mengakhiri tulisanku kali ini dengan memohon doa dari para pembaca yang budiman, semoga aku dapat merealisasikan hasratku. Memang nampak sangat mustahil namun aku harus menjaga keyakinanku. Sekecil apapun kemungkinannya jika diyakini dengan teguh, realisasi sangatlah mungkin terjadi. Segala sesuatu yang nampaknya sangat mustahil akan berbalik menjadi sangat mungkin terjadi. Demikian.. Berkat Dalem :)

Tinggalkan Komentar

