Pengalaman Mindfulness-ku dalam Pengerjaan Tugas Kuliah

Beberapa hari belakangan agak riweh dengan banyaknya tugas kuliah yang harus diselesaikan, maklum.. tanggungjawab peran sebagai mahasiswa. Namun rasanya berbeda ketika aku bisa mengerjakan setiap tugas yang harus diselesaikan dengan segenap hati-jiwa-raga, daripada berkeluh kesah. Di sini aku sedang menerapkan mindfulness. Efeknya sungguh menyenangkan bagiku, meskipun “dikejar” deadline bukan keadaan yang menyenangkan.

Ketika aku bisa mindfulness dalam mengerjakan tugas, ide-ide datang silih berganti. Sejujurnya aku cukup kewalahan dengan kecepatan ide tersebut masuk dan memenuhi otakku. Saking kewalahannya sampai-sampai aku bingung harus memilih ide mana yang musti aku gunakan. Alhasil, durasiku dalam mengerjakan tugas bisa dikatakan lama, kurang lebih dua hari untuk menyelesaikan sebuah tugas. Bukan disebabkan oleh mampatnya ide, malahan karena kebingungan mau pakai ide yang mana. Hehehe..

Di sini aku mengalami dan merasakan keajaiban dari mindfulness, terkait pengerjaan tugas kuliahku. Beberapa di antaranya: kemudahan mengakses informasi yang dibutuhkan, berlimpah energi (semangat), dan bisa menikmati detik demi detik waktu yang digunakan. Meskipun nampaknya merupakan hal yang sepele, bagiku lebih dari cukup membantuku dalam berproses bersama tugas kuliah yang ada. Paling tidak, ada kepuasan setelah beberapa tugas bisa terselesaikan. Walaupun bukan hasil yang sempurna, aku sudah mengerjakannya dengan penuh penghayatan.

Belajar untuk mindfulness berarti belajar untuk melakukan segala sesuatu dengan segenap hati-jiwa-raga; dengan penuh penghayatan; dan tentunya dengan kesadaran penuh. Setiap detik adalah berharga dan patut untuk dinikmati. Ketika setiap proses dilakukan dengan mindfulness, tidak ada penyesalan di akhir prosesnya; dan kita akan melihat banyak keajaiban terjadi di sana.

Tinggalkan Komentar

