Pentingnya Snack Dalam Pola Makan Sehat

Ketika kita mulai menjalani gaya hidup sehat, dalam perjalanannya pasti ada saja keluhan yang kita lontarkan. Salah satu contoh yang paling sering muncul adalah.. ”saya jadi gampang laper”. Ya, memang sebagian besar orang yang menjalani gaya hidup sehat akan mengalaminya. Menurut pengalaman saya, dan menurut beberapa praktisi, kita memang akan merasa lapar dua-tiga jam setelah makan besar terakhir. Hal tersebut wajar karena itu berarti metabolisme tubuh kita dalam kondisi baik.

Jika kita lapar setelah dua-tiga jam makan besar terakhir, makanlah kembali karena itu merupakan sinyal bahwa tubuh kita sedang membutuhkan nutrisi. Namun cobalah minum segelas air mineral terlebih dahulu, karena lapar yang kita rasakan bisa saja merupakan sinyal bahwa tubuh kita butuh hidrasi. Apabila kita sudah minum, tapi kita masih merasa lapar, maka makanlah. Namun demikian rasa lapar bisa juga kita rasakan ketika kita melihat kudapan atau bahkan ketika kita membaca menu makanan yang mendorong rasa ingin mengkonsumsinya. Bila hal tersebut yang terjadi, sebaiknya abaikan saja karena itu bukan rasa lapar (fisik), melainkan lapar mata.

Lalu, makanan yang patut kita konsumsi ketika kita merasa lapar setelah dua-tiga jam makan berat terakhir adalah dalam bentuk snack. Untuk jenis snack sehat bisa berupa buah, sayur-mayur, atau kacang-kacangan rebus/panggang (dalam bentuk olahan apapun). Bila anda juga mengkonsumsi whey protein / susu rendah lemak dan karbohidrat, minuman tersebut juga bisa anda jadikan sebagai snack.

Akhir kata, snack memang diperlukan di sela makan berat (makan pagi-siang-malam) kita untuk tetap menjaga metabolisme tubuh. Biasanya kita konsumsi dua-tiga jam setelah makan berat tadi. Dan usahakan memilih snack sehat daripada snack sembarangan. Kalau bukan kita sendiri yang peduli kesehatan, siapa lagi? Tuhan memberkati!

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s