Kebebasan Beragama di Indonesia, Mungkinkah Terjadi..?!

Tulisan ini dibuat dalam menganggapi kasus kekerasan yang dialami dua orang jemaat HKBP Ciketing-Bekasi, kemarin (12/09/10). Saya tidak akan membahas segala sesuatu yang berkaitan langsung dengan peristiwa tersebut, entah itu motif pelaku, dan lain sebagainya. Saya hanya berusaha menyampaikan kegalauan hati nurani yang tersentil ketika melihat pergumulan yang dihadapi jemaat HKBP Ciketing-Bekasi.

Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui bahwa selama beberapa tahun belakangan jemaat HKBP Ciketing-Bekasi belum mendapatkan kepastian perijinan membangun tempat ibadah dari pemda Bekasi. Namun mereka tetap mengadakan ibadah seadanya di atas lahan tempat bangunan akan didirikan, yang akhir-akhirnya ini memicu reaksi keras dari warga sekitar dan beberapa lembaga masyarakat yang keberatan akan hal tersebut. Kedua kasus inilah yang menyentil hati nurani saya. Pertama, sulitnya birokrasi yang harus dilalui pemeluk agama minoritas (dalam kasus ini, kaum Nasrani) dalam membangun tempat ibadah. Dan kedua, sedikitnya dukungan dari pemeluk agama lain yang berusaha membantu birokrasi tersebut, atau memberikan kesempatan bagi jemaat yang bersangkutan untuk menjalankan ibadahnya. Dari kedua kasus tersebut, saya berusaha menarik benang merah bahwa UUD 1945 pasal 29 ayat ke-2 masih belum dapat direalisasikan di negara ini. Sepertinya tidak ada dukungan dari pemerintah dan masyarakat untuk berusaha menjamin “kemerdekaan tiap-tiap penduduk (Indonesia) untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu”.

Akhir kata, adakah yang bisa menjawab pertanyaan yang menjadi judul tulisan ini, “kebebasan beragama di Indonesia, mungkinkah terjadi..?!”

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s