Journalist Blog Competition

Hari ini aku berkunjung ke PTC (Supermall), di sana sedang diadakan lomba mading yang diselenggarakan oleh Deteksi. Salah satu acara yang diadakan (untuk menemani lomba mading) adalah Journalist Blog Competition. Para siswa, SMP dan SMA, berkompetisi untuk menjadi seorang jurnalis yang mempublikasikan hasil temuannya lewat weblog. Saya terkesan dengan acara tersebut, benar-benar memberikan saya motivasi untuk belajar menulis lebih baik lagi, saya (tentunya) tidak ingin kalah dengan adik-adik siswa SMP dan SMA tersebut, di usia muda mereka mau untuk mengembangkan diri melalui kegiatan jurnalistik dan blogging, I was impressed.. Benar, saya benar-benar terkesan, mereka secara total melakukan tugas yang diberikan, meliput kegiatan yang terjadi di sana, kemudian melaporkannya lewat weblog. Hampir setelah suatu acara selesai, mereka langsung menghadap laptop masing-masing atau menempati komputer yang telah disediakan untuk melaporkan hasil liputan mereka.

Jika dibandingkan dengan minat mahasiswa (khususnya) UBAYA, sepertinya antusiasme adik-adik siswa tadi lebih tinggi ketimbang kami (para mahasiswa) dalam bidang tulis menulis. Buktinya, ketika Blog Competition diadakan di UBAYA tidak banyak mahasiswa yang berminat untuk ikut. Memang hal tersebut tidak bisa dijadikan sebuah kesimpulan bahwa mahasiswa kurang memiliki minat dalam bidang tulis menulis karena masih banyak variabel lain yang mempengaruhi, namun setidaknya indikasi kurangnya minat telah terdeteksi.

Bagi saya, menulis bukan sesuatu yang mudah, apalagi menulis sesuatu yang berbobot, menulis bukan sekedar menulis, menulis butuh kemampuan penulisnya untuk mempengaruhi pembaca sehingga pembaca dapat masuk dalam tulisan yang dibuat penulis, dan menurut saya itu susah. Namun bukan berarti tidak mungkin, kita hanya butuh belajar dan belajar, membaca dan membaca, dan yang pasti menulis dan menulis. Dua hal tersebut adalah mutlak (menurut saya), belajar membaca dan menulis.

4 thoughts on “Journalist Blog Competition

Tinggalkan Komentar

