Taubat

Saya tidak ingin membahas arti taubat karena kalian semua pasti sudah tahu apa itu taubat. Namun untuk menyamakan maksud taubat itu sendiri baiknya saya berikan definisi paling mudah dari taubat, menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, disusun oleh Poerwadarminta (yang telah sedikit saya ubah) arti taubat adalah perilaku menyesal atas kesalahan/kejahatan (biasa diartikan dosa) dan berniat mengubah hidup. Pertanyaan saya adalah apakah setiap manusia mampu menerima taubat sesamanya, apalagi jika manusia yang bertaubat itu telah melakukan perbuatan yang sangat keji, sangat najis, dll.

Jika jawabannya “iya”, haruslah saya katakan “syukur!”

Jika jawabannya “tidak”, pertanyaan selanjutnya adalah apakah yang mempengaruhi penolakannya.

Saya tertarik dengan perkataan seorang pemuka agama ketika ada umatnya yang berkata kepada umat lain yang bertaubat, “dia tak pantas berada di tempat ibadah ini, dia adalah seorang …..”, pemuka agama tersebut berkata, “menurut anda, orang seperti apa yang pantas untuk berada di tempat ibadah ini?” Seketika umatnya terdiam. Namun apakah semudah itu pandangan seseorang berubah, apalagi jika pandangan tersebut didasarkan atas pengalaman buruknya di masa lalu, bukan sekedar dipengaruhi perkataan orang lain.

Saya kira tidak, bagaimana menurut anda?

Tinggalkan Komentar

